10 Manfaat Susu Kambing Murni, Baik untuk Pencernaan! - Temanggung

Anda mungkin pernah melihat olahan daging kambing di mana-mana. Namun tahukah Anda, selain makanannya yang enak juga susunya yang enak, susu hewani juga tidak kalah enaknya untuk dikonsumsi. Bukan hanya masalah rasa, kelebihan dan kandungan dari susu kambing murni bisa menjadi alternatif pengganti susu maupun susu nabati.

 

Susu kambing memiliki kandungan protein, kalsium dan nutrisi penting lainnya yang lebih tinggi bagi tubuh Anda dibandingkan dengan susu sapi yang biasa dikonsumsi. Merujuk pada laporan United States Department of Agriculture (USDA) berikut adalah melihat kandungan gizi dalam satu cangkir (237 ml) susu kambing atau sapi.

 

Berdasarkan penelitian perbandingan susu kambing dan susu sapi terlihat bahwa kandungan kalsium, magnesium protein, fosfor, magnesium dan kalium pada susu kambing lebih tinggi dibandingkan susu sapi. Selain itu, manfaat susu kambing adalah ramah terhadap pencernaan manusia, lebih mudah dicerna dan mengandung lebih banyak prebiotik yang memberi makan bakteri menguntungkan yang ada di perut.

 

Sayangnya, susu kambing yang murni atau turunannya lebih sulit ditemukan di toko kelontong. Pasalnya, produksi kambing perah jauh lebih sedikit dibandingkan sapi perah. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika susu kambing akan mendapatkan kenaikan harga jual dibandingkan susu sapi.

 

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk mengganti konsumsi harian susu dengan susu kambing, berikut 10 manfaat susu kambing murni dan olahan yang wajib Anda ketahui:

 

1. Sumber asupan protein tinggi

Protein adalah salah satu makanan yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar untuk membuat jaringan tubuh, membuat antibodi, dan merupakan sumber energi penting di samping lemak dan karbohidrat.

 

Susu kambing lebih kaya protein daripada susu sapi dan susu nabati. Kandungan protein susu kambing mencapai 9g, seperti pada susu sapi 8 gram. Jika susu nabati, seperti susu kedelai, merupakan sumber yang baik setara dengan 6-7 gram protein. susu almond adalah 0-1 gram protein.

 

Dengan manfaat tersebut susu kambing dapat digunakan untuk memenuhi asupan protein harian anda dan dapat digunakan sebagai pengganti susu sapi. Namun, tentunya masih sarat dengan sumber protein lain, seperti telur, daging, dan kacang-kacangan.

 

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tahukah Anda bahwa susu kambing mengandung mineral penting untuk sistem pertahanan tubuh? Mineral selenium yang ada dalam susu kambing dianggap cukup banyak jika dibandingkan dengan susu sapi.

 

Selenium di dalam tubuh bekerja sebagai antioksidan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan juga membantu mengurangi peradangan. Oleh karena itu, pentingnya selenium bagi kesehatan tubuh Anda tidak boleh diabaikan.

 

Berkat kandungan selenium pada susu kambing dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap segala variasi cuaca dan tingkat aktivitas sehari-hari, serta melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Segelas susu kambing menjadi menu diet Anda akan membantu tubuh Anda menjadi lebih kuat dan sehat.

 

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Banyak orang yang minum susu mengalami diare, kembung, dan mulas. Alih-alih sehat, tubuh Anda malah akan lemas akibat minum susu. Seringkali, kondisi ini disebabkan ketidakmampuan tubuh menyerap laktosa yang terdapat dalam susu dengan baik hingga alergi susu tertentu.

 

Susu kambing yang masih mengandung laktosa dan juga tinggi protein dianggap lebih mudah dicerna oleh saluran pencernaannya dibandingkan dengan susu sapi. Selain itu, ada penelitian yang menunjukkan bahwa susu kambing dapat menyebabkan lebih sedikit reaksi terhadap alergen dibandingkan susu sapi. Namun ada baiknya bagi yang memiliki riwayat atau riwayat alergi susu berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli medis ahli untuk keamanannya. Prebiotik merupakan komponen utama dalam susu kambing membantu dalam asupan bakteri baik dalam sistem pencernaan agar jumlahnya tetap normal atau meningkat untuk memperlancar metabolisme tubuh.

 

4. Mencegah pengeroposan tulang

Tak hanya sebagai sumber protein yang sangat baik, alasan utama orang mengonsumsi susu adalah untuk memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh. Hal ini sebagian disebabkan oleh peran penting kalsium dalam menjaga kesehatan tulang dalam kondisi yang baik.

 

Seperti yang Anda ketahui dari tabel pembanding nutrisi di atas 1 cangkir (237 ml) susu kambing merupakan sumber yang setara dengan 327 mg kalsium. Sebanyak 51 mg lebih banyak dari kalsium yang terdapat pada susu sapi. Dengan demikian, menambahkan susu kambing ke dalam makanan dapat membantu memenuhi asupan kalsium harian untuk orang dewasa sekitar 1.000 mg/hari serta anak-anak sekitar 1.300 mg/hari.

 

Sebuah penelitian tahun 2014 di Rusia melaporkan bahwa pemberian 400 ml susu kambing per setiap hari untuk 42 manula dianggap memiliki dampak positif pada metabolisme tulang dan membantu menghentikan osteoporosis dengan menggabungkan terapi.

 

5. Meningkatkan kemungkinan penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling fatal dan mematikan. Untuk menghindari risiko terkena penyakit jantung, ada banyak kebiasaan baik yang harus diikuti dimulai dengan berolahraga dan makan makanan yang seimbang. Salah satunya dengan menambahkan susu kambing ke dalam makanan. e makanan sehat yang Anda makan. Susu kambing memiliki asam lemak tak jenuh (tunggal dan ganda) trigliserida rantai menengah (MCT) yang dapat membantu melawan berbagai jenis penyakit jantung.

 

Selain itu, kandungan magnesium pada susu kambing juga bermanfaat untuk menjaga detak jantung tetap normal serta mencegah berkembangnya kadar kolesterol sehingga jantung Anda lebih sehat.

 

6. Menjaga kesehatan gigi

Siapa yang tidak menginginkan gigi yang kuat dan sehat? Agar hal ini terjadi, Anda harus menyadari asupan kalsium harian Anda. Tidak hanya penting untuk kesehatan tulang, tetapi kalsium juga membantu perkembangan gigi yang sehat dan kuat.

 

Dalam total penyerapan kalsium oleh tubuh, 95% disimpan di gigi dan tulang. Kalsium digunakan untuk membangun jaringan gigi dan menjaga kesehatan gigi. Jika Anda tidak ingin gigi Anda rusak dan cepat membusuk, perbanyaklah minum atau makanan yang mengandung kalsium.

 

Susu kambing adalah pilihan yang baik untuk sumber kalsium harian Anda. Jumlah kalsium yang terdapat pada susu kambing cukup untuk memenuhi 33% kebutuhan nutrisi harian. Itu lebih unggul dari susu sapi yang hanya memiliki 28%.

 

7. Menurunkan kadar kolesterol

Susu kambing mengandung linoleat, yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa minum susu kambing membantu mengurangi kolesterol di kantong empedu dan juga arteri. Dengan cara ini, mereka yang menderita kadar kolesterol tinggi dan mereka yang memiliki kadar kolesterol yang terjaga dapat memilih pilihan produk susu yang lebih sehat untuk dikonsumsi.

 

Manfaat lain menggunakan susu kambing murni setelah mempertahankan kadar kolesterol normal adalah membantu mencegah penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis), serangan jantung dan stroke.

 

8. Menjaga kesehatan dan kehalusan kulit

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan berbagai produk kecantikan yang terbuat dari susu kambing, antara lain body wash dan body scrub hingga lotion dan masih banyak lagi. Susu kambing yang kaya akan asam amino, asam lemak, dan vitamin A diduga dapat memberikan nutrisi alami yang bermanfaat bagi kesehatan kulit Anda.

 

Jika Anda mencari kulit halus produk yang terbuat dari susu kambing bisa menjadi pilihan ideal. Kandungan pH susu kambing memiliki pH yang sama dengan kulit manusia. Oleh karena itu, tidak membahayakan kulit dan aman bagi orang yang menderita kulit sensitif. Selain itu, asam laktat dari susu kambing dapat memberikan kelembapan maksimal pada kulit sehingga cocok untuk mereka yang memiliki kulit kering. Komponen lain seperti asam lemak dan vitamin A di dalamnya mampu menyembuhkan permukaan kulit dan mengangkat sel kulit mati.

 

9. Mengoptimalkan penyerapan nutrisi di dalam tubuh

Sebuah studi tahun 2002 menunjukkan bahwa meminum susu kambing dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi dalam makanan sehingga berfungsi lebih efisien.

 

Hal sebaliknya terjadi pada susu sapi yang justru bermasalah dengan kemampuan tubuh menyerap tembaga dan zat besi saat dikonsumsi bersamaan dengan makanan lain. Kesimpulannya, dikatakan bahwa diet yang dilengkapi dengan susu kambing dapat membuat tubuh menyerap semua nutrisi, tanpa membuang makanan.

 

10. Membuat tidur lebih nyenyak

Apakah Anda mengalami kesulitan tidur? Cobalah minum segelas susu kambing hangat sebelum memejamkan mata dan pergi tidur. Asam amino triptofan dalam susu kambing membantu produksi hormon serotonin tubuh. Hormon serotonin sangat penting untuk menjaga stabilitas suasana hati selain untuk meningkatkan relaksasi. membantu produksi hormon yang disebut melatonin. Ia juga dikenal sebagai hormon tidur. Dengan cara ini, meminum susu kambing sebelum tidur dipercaya dapat membantu Anda lebih cepat tertidur dan tidur lebih nyenyak.

 

Sudah tidak diragukan lagi keunggulan susu kambing yang murni dan hasil olahannya yang sudah banyak karena kandungan gizi yang melimpah di dalamnya. Keunggulan susu kambing dibandingkan susu sapi atau susu nabati juga telah dibuktikan secara ilmiah. Dimulai dengan jumlah protein, natrium, magnesium, kalsium, dan kalium, tidak ada yang melebihi susu kambing. Inilah mengapa Anda tidak perlu khawatir untuk memilih susu kambing sebagai pelengkap kebutuhan nutrisi harian Anda.

 

Banyaknya manfaat susu kambing murni akan membantu Anda dan keluarga untuk menjaga kesehatan tubuh secara alami. Tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi juga mampu mengurangi berbagai macam penyakit mematikan seperti stroke, dan serangan jantung. Selain menjaga dari dalam, manfaat susu kambing murni juga.

 

Dari luar, Anda bisa melihat gigi yang sehat dan tampilan kulit yang bersih, lembap, dan lembut, yang menyempurnakan penampilan Anda dalam rutinitas Anda. Meskipun menemukan susu kambing murni tidak mudah, adalah mungkin untuk menemukan peternakan terpercaya yang memproduksi dan menjual kulit kambing beku, dingin, botol dan bahkan bubuk untuk berbagai harga.

 

Harga susu kambing yang bisa didapatkan di pasaran adalah Rp. 44.000-85.000/200 gram untuk keju kambing mentah bubuk dan Rp. 6.600-10.000 per 200 ml segar atau fsusu kambing rozen. Jika Anda mempertimbangkan harga susu kambing dan susu sapi, sebenarnya bisa dua kali lebih mahal. Namun jika mempertimbangkan kandungan gizi susu kambing yang juga lebih tinggi dari susu sapi atau susu nabati, maka harga yang diberikan sebanding dengan manfaat kesehatan yang didapat.

 

#susukambing #susu #kambing #susukambingmurni #susumurni #sususegar #manfaatsusukambing #waktu minum susu #obatsusukambing #efeksusukambing #susukambingsachet #khasiatsusukambing #susukambingterbaik #hargasusukambing

Comments

Popular posts from this blog

Pagar Beton dan Uditch: Solusi Lingkungan yang Ramah untuk Pengelolaan Air dan Reklamasi Lahan

Memahami Apa Itu Broker?